Hidup dari Zaman Dinosaurus, Ini 10 Fakta Menarik Penyu yang Mencengangkan

SariAgri - Penyu adalah hewan reptil laut yang keberadaannya bisa ditemukan di semua lautan di dunia, kecuali di wilayah kutub. Berdasarkan penelitian ada 7 spesies penyu di dunia, 6 spesies di antaranya dalam kondisi rentan.
Faktor utama yang menyebabkan berkurangnya populasi penyu yakni perburuan, kehilangan habitat, terjerat jaring nelayan, polusi laut dan perubahan iklim. Padahal penyu adalah hewan yang wajib dilindungi karena memiliki peran penting dalam ekosistem laut.
Untuk mengenal lebih dalam, berikut 10 fakta menarik tentang penyu:
1. Penyu telah hidup di bumi selama jutaan tahun
Penyu sudah ada pada zaman dinosaurus, namun karena kehebatannya dalam bertahan terhadap perubahan alam ia mampu hidup hingga kini. Fosil penyu tertua di dunia diketahui berasal dari 150 juta tahun lalu.
2. Hampir seluruh hidupnya berada di air
Penyu adalah hewan yang selalu menghabiskan hidupnya di lautan. Satu-satunya waktu hewan ini datang ke daratan adalah saat penyu betina akan bertelur. Setelah semua telur berhasil dikeluarkan, penyu betina akan kembali ke lautan dan tidak bertemu dengan anak-anaknya.
3. Tidak bisa menyembunyikan kepala
Tubuh penyu bagian atas dilindungi oleh cangkang yang disebut carapace. Berbeda dengan kura-kura di darat, penyu tidak bisa menyembunyikan kepala dan kaki mereka ke dalam cangkang. Alasan itu juga yang membuat mereka lebih rentan saat berhadapan dengan predator.
4. Penyu betina kembali ke pantai yang sama untuk bertelur
Hebatnya, meski telah pergi selama bertahun-tahun lamanya, saat penyu siap bertelur, mereka akan menempuh perjalanan jauh ke pantai yang sama di mana mereka dilahirkan.
5. Bertelur 2-3 tahun sekali
Telur-telur yang telah dikeluarkan akan disimpan di bawah timbunan pasir pantai yang hangat selama berbulan-bulan hingga muncul tukik yang nantinya akan berenang sendiri menuju perairan. Sekali bertelur, penyu betina bisa menghasilkan hingga 150 butir. Penyu betina biasanya baru bertelur sekira 2-3 tahun sekali.
6. Jenis kelamin penyu ditentukan oleh suhu telur
Uniknya, jenis kelamin penyu ditentukan oleh suhu di sekitar penimbunan telur. Suhu yang tinggi akan menghasilkan lebih banyak penyu betina, sementara suhu yang rendah cenderung menghasilkan penyu jantan.
7. Penyu dapat bertahan tanpa makanan
Penyu dapat bertahan tanpa makanan selama berbulan-bulan. Hal tersebut terjadi karena penyu merupakan makhluk berdarah dingin. Oleh karena itu, metabolisme tubuh penyu dapat diperlambat.
8. Ahli menahan napas
Spesies penyu hijau sangat jagoan untuk urusan ini. Mereka bisa berada di bawah air tanpa bernapas selama lebih dari 5 jam. Penyu juga bisa mencapai kedalaman lebih dari 1.200 meter di bawah permukaan laut. Selain itu, penyu pun dapat bergerak cepat saat berenang yaitu sekitar 1,4 sampai 9,3 kilometer per jam.
9. Penyu mampu menempuh jarak yang jauh
Penyu adalah perenang andal yang bisa melalui jarak yang jauh. Penyu belimbing bisa berenang sampai 19 ribu km, itu sama dengan jarak Indonesia dengan Oregon, Amerika Serikat.
10. Penyu tidak memiliki gigi
Penyu tidak memiliki gigi sejak waktu yang lama karena evolusi, tetapi penyu memiliki paruh yang terbuat dari keratinous yang melapisi rahangnya.
Berita Perikanan
Kini keberadaan penyu semakin terancam dengan polusi laut seperti sampah, minyak dan sebagainya yang disebabkan oleh manusia. Oleh karena itu tugas kita untuk memperbaikinya agar populasi hewan penyu sebagai penjaga ekosistem laut tetap terjaga.

They posted on the same topic

Trackback URL : https://crabfind2.werite.net/trackback/5044509

This post's comments feed